Thursday 16 September 2010

my CLAY


Aku belajar clay sejak tahn 2001. Menimba ilmu dari seorang yg ahli, Ibu Monica dari surabaya.
beliau sangat terampil seperti tangan dewa. beliau juga mengeluarkan beberapa buku kerajinan clay yg bisa dengan mudah di dapatkan di toko buku di mal-mal.
proses belajarnya cukup cepat hanya 2 jam selama 3hari. beliau mengajarkan cara meramu bahan-bahan sehingga terbentuk adonan clay. bahan-bahan itu seperti tepung terigu, tepung kanji, tepung beras, natrium benzoat dan lem kayu putih.
lalu berlanjut dengan proses pewarnaan dengan cat poster. setelah itu mulai dengan pengenalan bentuk bentuk dasar.

Hari ke dua, mulailah dengan membuat bentuk-bentuk hewan seperti beruang, ulat, kepik. lalu bentuk-bentuk kue seperti oreo, biskuit, hotdog dll. Hari ke tiga, berlanjut dengan bentuk bunga dan sayuran terakhir bentuk manusia. berlanjut dengan final touch semua clay yang sudah jadi ditempel diatas jepit, magnet, dll.

Di awal tahun 2003 aku mulai membuat berbagai koleksi clay. ternyata aku memang mencintai clay dengan segala detail dan kesulitannya. Bulan Juni, saat liburan sekolah, seorang teman mama menawarkan aku untuk mengajar di sanggar seninya.
tawaran menarik, langsung aku terima. cukup terkejut, begitu kelas dibuka banyak sekali ibu-ibu yang mendaftarkan anaknya. sedangkan aku belum membuat jadwal dan kurikulum pengajaran. hahaha... nekat. syukur semua orang membantu.
1 bulan tak terasa sudah terlewati, liburan sekolah berakhir, selesai sudah pengajaran. pengalaman luar biasa yang aku dapat, karena belum pernah mengajar anak-anak yang bandel-bandel.

1 comment:

  1. Hai salam kenal.. Suka deh melihat hasil clay dari tepung yang kamu buat.. Belakangan ini aku juga lagi ketagihan berkreasi dengan menggunakan clay dari tepung.. Awalnya si iseng2 aja gr2 melihat saudara yang sedang bermain2 dengan clay.. Hihihi.. Nah aku mau tanya donk.. Untuk membuat adonan clay dari tepung yang bagus dan tdk mudah pecah harus menggunakan perbandingan brp2 y untuk masing2 tepung?? Apakah tdk perlu di campur dengan menggunakan minyak untuk membuat lebih kalis?? bisa bagi alamat juga ga untuk ibu monica yang di surabaya?? Terima kasih sebelumnya.. ^^

    ReplyDelete