Wednesday 15 September 2010

my KAART


Menjadi seorang pemimpi adalah Impianku.

Kaart atau Kartu dalam bahasa Belanda merupakan salah satu dari mimpi indahku yang bisa aku wujudkan. Awal tujuan Kaart adalah membuat undangan ulang tahun anak.

Aku memulainya dari bulan November 2009 dengan beberapa research seputar desain, pasar dan cara memasarkan. Pada saat itu aku masih bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang optik. mencuri-curi waktu di kantor dengan membuat beberapa desain dan memanfaatkan layanan internet gratis yang lumayan cepat.

Pembeli pertama baru aku dapatkan dibulan januari. Senangnya luar biasa, padahal baru add sedikit orang di Facebook n beberapa desain masih mengambil dari wallpaper disney.
Tiba-tiba di suatu hari aku mendapatkan ide, kenapa tidak aku 'mendidik' customerku untuk tidak terpaku pada disney atau tokoh - tokoh kartun yang ada. Aku bisa menciptakan suatu tema yang cukup unik.
Aku adalah Kaart, jiwaku sudah masuk didalamnya. saatnya bereksplorasi dengan diriku sendiri.
( Realized Your Power - Robin T'Hoen ).

Desain ; minimalis, aku suka simple n clean tapi tentu berkesan terlalu dewasa. Full colours inilah yang seharusnya. warna cerah ataupun pastel, thematic tentu saja, kalau tidak bingung mau mulai dari mana. loveable, tidak memberi kesempatan pembeli untuk 'mengacaukan' desain yang sudah ada karena sudah 'jatuh cinta' pada pandangan pertama.

Target ; orang tua sebagai pembeli, dan anak-anak tentunya. aku add semua perempuan* yang memasang foto profile bersama anaknya... ibu-ibu maksudnya*

Pemasaran ; sejauh ini lewat facebook dan blog ini. Website pasti, menyusul.
Luar biasa respon yang aku dapat dari facebook. Puluhan customer sudah aku layani, mereka puas.
tak sedikit yang penasaran ; " Sis, bisa gak fotoin undangannya, aku penasaran neh.."
BBM ku pun penuh dengan nama-nama customer. tidak sedikit yang akhirnya meng-add Facebook ku dan ingin melanjutkan hubungan sebagai teman. Beberapa customer juga aku mintakan testimonial.

Lalu Kaart berkembang seiring dengan banyaknya tawaran kerjasama dan permintaan dari customer.
mulailah aku mendesain dengan thanks card, guest wishes book/frame, cookies n chocolate bar packaging, backdrop sampai table decoration.
ini bagus, sangat bagus dan menjanjikan !


( Terima Kasih untuk layanan Facebook gratis, customerku tercinta dan beberapa source yang aku dapat )

No comments:

Post a Comment