Tuesday 28 September 2010

Tulamben, Bali - Wreck Dive


Aku mengambil paket dive dengan tujuan 3 tempat yang berbeda, yaitu Tulamben, Padang Bay dan Pulau Menjangan.
Paketnya terbilang cukup murah sekitar 2,5jt sudah termasuk transport, hotel, makan siang dan sewa peralatan dive berikut instrukturnya. Perjalanan pertama menuju Tulamben, tempat dive yang sudah terkenal dengan "Wreck dive". Kapal cargo USS Liberty yang sengaja di tenggelamkan pada tahun 1963. Dive di mulai dari pantai/shore, berjalan dan mulai berenang ke arah bangkai kapal 30 derajat menurut kompas yang saya pakai. Berenang miring melawan ombak, terus turun dan turun perlahan-lahan. tidak lupa membuang udara dari telinga. Bersama kami banyak juga diver-diver lain. Sampai akhirnya mulai terlihat benda hitam besar dikejauhan dan WOW besar sekali kapalnya. Seperti di film-film mencari harta karun dan bertemu mayat, haha... :p
deg-deg an abis, senang bercampur gugup. terus berenang mengelilingi bangkai kapal. berlatih mengatur irama berenang, cara berhenti dan cara berenang belok. Beberapa kali aku masih sering berenang terlalu rendah sehingga fin-ku mengenai karang. Karena begitu kita diam berhenti bergerak, badan kita akan semakin turun ke dasar laut. Sedangkan aku terlalu asik mengamati coral, ikan dan beberapa 'keajaiban' laut. Tiba-tiba aku merasa sangat beruntung bisa menikmati semua keindahan ini.
Jika Anda pernah menonton film AVATAR 3D, keindahan tanaman yang ada di film itu sama seperti keindahan coral dibawah laut. Sangat indah... Sangat memukau...
Setelah 40 menit di dalam laut, akhirnya instruktur kami memberi kode untuk mengakhiri penyelaman. Kami berenang kembali ke pantai. Begitu sampai di pantai, aku gak kuat lagi berdiri, ditambah lagi hantaman ombak dan beratnya tabung. Capek sekali, lapar... 5 menit menunggu, Nasi goreng kami matang : )

30 menit kami beristirahat sudah cukup rasanya dan siap untuk penyelaman berikutnya, masih ditempat yang sama. Ternyata tenaga-ku menipis. Berasa sekali kaki dan pinggang ku pegal. berat sekali rasanya berenang tapi pemandangan indah menunggu. Pelan-pelan tapi pasti akhirnya terlihat juga. Kali ini kami berenang berlawanan arah dengan penyelaman kami yang pertama. Kami menyelam masuk ke dalam kapal. sangat menegangkan karena gelap. tak lupa kami sibuk foto-foto. Setelah 25 menit berkeliling, instruktur mengajak kami untuk mengakhiri penyelaman. Penyelaman kedua lebih singkat karena dalam darah kami sudah mulai menumpuk nitrogen dari sejak penyelaman pertama.
benar-benar lelah, segera aku mandi, minum teh manis hangat, meminum tolak angin dan makan beberapa biskuit lemon. Segera kami naik mobil melanjutkan perjalanan ke Padang Bay dan menginap disana. Aku tidur di sepanjang jalan : )

Tujuan kami berikutnya, Padang Bay tempat dive yang terkenal dengan keindahan coralnya dan ikan Hiu-nya ^^

No comments:

Post a Comment