Wednesday 29 September 2010

Pulau Menjangan - Wall Dive


Kami menginap di Lovina, sebelah utara pulau bali yang terkenal dengan pantai lumba-lumbanya. Dari situ kami masih harus melanjutkan perjalanan ke arah barat. akhirnya sampailah kami di sebuah dermaga kecil dan beberapa kapal nelayan sudah menunggu pada diver. Kurang lebih 45 menit perjalanan kapal, kami menikmati pemandangan yang begitu indah dan pantai yang bersih. Luar biasa... seperti private beach. ^^
setelah semuanya siap, kali ini aku melakukan rol dari kapal dan masuk ke air. dan segera kami turun. Setelah menyelam beberapa saat, terjadi sedikit masalah, fin sebelah kanan saya lepas. wah, sempat panik... karena kami sudah menyelam cukup dalam dan tidak boleh langsung naik. selain berbahaya karena tekanan air, aku juga bisa celaka kalau sampai ada kapal yang lewat. Akhirnya temen dive ku yang sudah expert naik ke atas untuk mengambil.
Dan kami bisa melanjutkan menyelam. kami menyelam di patahan dinding laut. seperti jurang di dalam laut. Dinding jurang tersebut penuh karang yang beraneka bentuk dan warna. kami ini aku harus rajin-rajin melihat petunjuk tekanan dan udara.
Gak berasa aku menyelam di kedalaman 18-20m. arusnya-pun agak deras, berkali-kali aku terseret arus dan berenang tapi gak maju. aku dikawal ketat temanku dan berkali-kali menerima peringatan untuk tidak berenang turun.
pada saat sedang asik melihat-lihat karang, tak sadar di depanku muncul belut hitam besar yang muncul dari dalam gua kecil. Sempat menelan air dan panik :( tapi aku bisa relax lagi. dan sudah waktunya kami naik ke kapal untuk beristirahat.

Kapal kami merapat dengan 3 kapal nelayan lainnya. Para diver dari berbagai negara berkumpul. Kebanyakan dari german, mereka juga masih di level 'Open water'. Setelah selesai makan siang di kapal, saya dan teman dive saya, loncat dari kapal untuk berenang berkeliling karena airnya bersih, bening, dasar laut-pun terlihat. Kira-kira 15 menit berenang, instruktur kamipun memanggil, dia menurunkan peralatan dive kami dan kami siap untuk sesi dive berikutnya. kami menyelam di sisi lain dari P menjangan. Masih sama pemandanganan lautnya. lebih relax... kamipun tak sengaja melihat penyu berenang.
hanya 20 menit menyelam, kami-pun mengakhiri. naik ke kapal dan kembali ke P bali.
Setelah selesai mandi, kami memesan beberapa macam makanan, lapar sekali.... sembari makan kami mengisi log book.
log book merupakan buku yang menyimpan data penyelaman kami. seperti kedalaman, waktu penyelaman, tempat, dll.

No comments:

Post a Comment